Ahok genjot Jakarta bebas banjir 2014

 

Image

Oleh Gilang Fauzi

Jakarta (Rumah Jurnalis) – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyerukan agar Jakarta tahun depan bisa terbebas dari banjir saat memberi pengarahan pada Apel Besar Satuan Petugas Banjir dan Jalan Rusak di Monas, Jakarta, Jumat (27/9).

“Kalau nanti masih ada alasan ‘ada sumbatan, Pak’, ‘alat pompanya rusak, Pak’, ‘tidak ada orang di lapangan, Pak’, itu sih sudah keterlaluan namanya!” kata Wagub yang lebih akrab disapa Ahok.

Ahok menegaskan, rencana program penanganan banjir Dinas Pekerjaan Umum yang ditargetkan rampung akhir tahun ini diharapkan bisa menanggulangi permasalahan banjir yang sebenarnya mulai bisa diatasi dari hal-hal yang menurutnya sepele.

“Sebenarnya banjir itu terjadi karena adanya sumbatan di beberapa titik (saluran air/ waduk). Kalau masalah itu bisa diatasi dengan benar, tidak ada lagi yang namanya aliran air mandeg,” kata Ahok.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta, Rudy Siahaan, mengaku, tingginya curah hujan yang diprediksi akan turun Desember 2013 – Januari 2014 menjadi ancaman banjir yang harus ditanggulangi dengan cepat.

“Untuk itu kami di Dinas PU sekarang mulai menggalakkan sejumlah program sebagai antisipasi banjir tahun depan,” kata Rudy.

Sejumlah upaya yang dilakukan Dinas PU, menurut Rudy, antara lain, membentuk posko banjir dan membenahi jalan rusak di 42 titik kecamatan wilayah Jakarta, dengan target zero hole, atau jalan mulus tanpa lubang; memperbaiki pompa air dan pintu air dengan penerapan teknologi baru; pengerukan sampah dan lumpur di sejumlah kali dan waduk.

“Target kami akhir tahun ini (Desember 2013) 80 persen dari agenda program bisa rampung,” aku Rudy.

Untuk membantu percepatan pelaksanaan program penanggunalangan banjir tersebut, Ahok berjanji Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendukung penuh pengadaan anggaran dan fasilitas agar upaya yang dilakukan bisa berjalan dengan lancar.

“Gak usah pakai tender.. tender itu bikin (saya) sakit kepala. Lebih baik dikerjakan sendiri agar penghematan uang bisa dialokasikan untuk pengadaan alat berat dan kesejahteraan pekerja di lapangan,” tukas Ahok, seraya menambahkan, “Yang terpenting itu komunikasi (antara PU dan Pemprov) terjalin terus supaya program ini gak ikutan mandeg.” 

Editor: Alviansyah Pasaribu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s