Nendangnya Sambal Bebek Aromi

DSC_0034

Dwi Ari Ristianto

Jakarta (Rumah Jurnalis) – Warung Nasi Bebek Aromi terletak di pinggir jalan Cipinang Muara, Jakarta Timur.  Warung ini tidak berbeda dengan warung kaki lima seperti yang lainnya, dengan satu gerobak dan kain spanduk bertuliskan NASI BEBEK “AROMI” KHAS MADURA.

Nasi bebek Aromi ini memilki ciri khas bumbu sambal yang pedas, gurih dan akan membuat pengunjung ketagihan menikmatinya. Cara penyajiannya sederhana tapi membuat lidah tak sabar ingin segera menyantap menu kuliner ini. Nasi dan bebek diletakkan dalam satu piring kemudian disiram sambal di atas bebeknya plus dua irisan ketimun sebagai lalapannya.

Malam itu, Sabtu, 21 September 2013, dengan iringan hujan gerimis, penjaga warung bebek Aromi terlihat sedang sibuk dengan beberapa pembeli. Jadi pembeli lain harus sedikit bersabar menunggu hidangan disajikan.

Hidangan akhirnya sudah tersaji di meja, tapi bersabarlah sebentar. Mari sejenak mendengar penuturan dari pemiliknya tentang proses pengolahan bebek ‘Aromi’.

Ja’far, pemilik warung, mengungkapkan proses pengolahan bebeknya ada dua tahap. Pertama, sebelum dipotong, bebek di asap lebih dulu untuk menghilangkan rasa amis kemudian dipotong-potong. Kedua, bebek baru direbus sekaligus dicampur bumbu. Pria Paruh baya ini pun menuturkan tidak sembarang bebek bisa cocok dengan bumbu sambal olahannya.

“Kalau saya pilih bebeknya yang tua karena kalau pakai yang muda nanti pengaruh sama bumbu saya,” kata Ja’far.

Memang bumbu sambalnya terbukti enak. Pasalnya ketika menikmati, walaupun bebeknya tidak terlalu lunak, sambalnya terasa menendang di mulut, pedasnya tajam dan gurih. Jangan lupa juga untuk mencoba kerupuk gendar yang khsusus didatangkan dari Madura. Kerupuk ini terasa gurih dan sangat pas dengan bumbu sambel bebeknya pak Ja’far.

Tekstur dan warna sambalnya pun unik. Sambal bebek ‘Aromi’ ini sekilas mirip dengan bumbu rendang masakan Padang tapi dengan rasa pedas yang akan akan menempel lama di mulut. Pengunjung juga bisa minta tambah sambalnya jika masih kurang.

Salah seorang pengunjung, yang sepertinya datang dengan pacarnya, mengatakan kalau dia sering makan di warung bebek Aromi. Dia beralasan rasa makanannya enak dan juga harganya murah.

Memang, pengunjung juga tidak perlu khawatir karena harus merogoh kocek terlalu dalam. Menu kuliner kaki lima ini harganya sangat murah. Satu porsi bebek Aromi ditambah dengan satu bungkus kerupuk gendar hanya seharga Rp14 ribu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s