Sederhananya Ragusa Es Italia

Jakarta (Rumah Jurnalis) – Boleh saja Ragusa Es Italia membanggakan diri sebagai kedai es krim yang sudah berdiri sejak 1932, namun kesan tempo dulu yang digadangnya tidak terlalu memberi kekhasan bahwa tempat ini bisa diandalkan sebagai wahana nostalgia.

Hanya kursi rotan, foto-foto jadul di dinding, dan ubin kuning mengusam yang memperlihatkan kedai es krim ini berkesan lawas. Kalau saja tidak dipasangi papan nama di bagian depan kedai, Ragusa jika dilihat sekilas dari luar terkesan seperti rumah masakan Padang yang banyak ditemukan di hampir setiap ruas jalan.

Tapi mungkin setidaknya generasi lanjut usia sekarang bisa mengawang kembali ke romansa masa lalu dengan duduk di kedai es krim Italia di Jl. Veteran I No. 10, Gambir, Jakarta Pusat ini- itu pun jika mereka dulu pernah mencicipinya.

Kedai ini menawarkan sajian kuliner yang diakuinya sebagai es krim tradisional tanpa bahan pengawet. Dengan ragam harga yang variatif mulai dari Rp 7.000 – Rp 30.000, Ragusa menyuguhkan eskrim ala ‘Italia’ dengan banyak menu.

Selain Banana Split dan Tutti Frutti, Spagethi Ice Cream adalah menu andalan di Rogusa. “Ini (Spaghetti Ice Cream) menu andalan kami dan memang banyak pengunjung yang memesannya,” kata pemilik kedai, (19/9).

Spaghetti Ice Cream hadir layaknya spageti dalam bentuk es krim dengan perpaduan susu vanila, lumuran cokelat, taburan kacang, serta warna-warni sukade yang kian mempermanis penampilannya.

Di mulut, variasi rasanya bergumul dan meleleh di lidah. Lembutnya susu vanila melebur dengan rasa khas krim cokelat berpadu renyahnya taburan kacang dan manis-asam irisan kecil sukade yang mengejutkan saat digigit.

Es krim ini menggunakan bahan yang hampir sama dengan yang digunakan Gelato, es krim Italia. Susu, krim, gula, dan penambah rasa seperti buah segar dan taburan kacang menjadi bahan dasarnya.

Jargon ‘es krim tradisional’ yang dibanggakan Ragusa mungkin mengacu pada kesederhanaan suasana kedai dan rasa es krim itu sendiri. Tidak ada salahnya untuk mencoba sensasi pengalaman menikmati es krim ‘Italia’ dalam konsep yang ditawarkan Ragusa.

Cocok untuk melumerkan teriknya hari Anda!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s