5cm.

5cm

Dwi Ari Ristianto

Film: 5cm.
Genre: Drama
Sutradara: Rizal Mantovani
Pemain: Fedi Nuril, Herjunot Ali, Ranline Shah, Igor Saykoji, Denny Sumargo, Pevita Pierce

Raih mimpimu!! itu pesan kuat yang muncul setelah menonton ‘5cm.’. Film ini, diangkat dari novel bestseller karya Dony Dhirgantoro, bercerita tentang perjalanan lima sahabat mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru.

Daya tarik ‘5cm.’ salah satunya adalah dari para pemainnya. Fedi Nuril sebelumnya berhasil menghibur penikmat film melalui ‘Garasi’ dan ‘Ayat-Ayat Cinta’. Herjunot Ali, namanya berkibar setelah membintangi ‘Realita Cinta dan Rock n Roll’. Selain itu, film ini juga dibintangi musisi rap Igor dan bintang olahraga yang sering menghiasi layar televisi, Denny Sumargo.

Genta (Fedi) , dalam film ini, digambarkan sebagai seorang pemimpin di antara sahabat-sahabatnya dan menyimpan rasa cinta pada Riani. Ian (Igor) sosok gemuk penyuka mie instan dan orang terakhir yang belum lulus di antara keempat sahabatnya. Arial (Denny) memiliki tubuh atletis tapi orang yang gugup saat berhadapan dengan wanita. Zafran (Herjunot) adalah karakter yang lucu, konyol dan tergila-gila pada Arinda, adik sahabatnya Arial. Sementara Riani (Raline) adalah satu-satunya wanita di antara keempat sahabatnya dan ternyata menyimpan rasa pada Zafran.

Berawal dari kejenuhan karena terlalu sering berkumpul, Genta mengungkapkan sebuah ide untuk tidak bertemu dengan sahabat-sahabatnya, Zafran (Herjunot), Riani (Raline), Ian (Igor), dan Arial (Denny) selama tiga bulan. Beberapa hari sebelum pertemuan dengan sahabatnya, Genta mengirim pesan singkat pada mereka untuk bertemu di Stasiun Pasar Senen dan membawa perlengkapan pendakian. Perjalanan pendakian Mahameru, puncak Gunung Semer berawal dari sini dan tentu saja dihiasi dengan kisah cinta di dalamnya.

Daya tarik lain film ini adalah pemandangan memesona gunung Semeru dan sekitarnya. Selama film ini diputar, penonton akan disuguhkan pemandangan alami danau Ranu Pane, danau Ranu Kumbolo, matahari terbit, dan samudra awan di puncak Mahameru.

jika dibandingkan dengan film-film Indonesia lain yang sebagian besar didominasi tema cinta, komedi dan horor, ‘5cm.’ adalah film pertama yang mengangkat tema pendakian gunung. Film ini juga memberikan warna baru dalam dunia perfilman Indonesia dengan tema barunya dan berhasil menyedot penonton hingga 500 ribu dalam lima hari pertama pemutarannya.

Setelah mononton ‘5cm.’, dapat ditarik kesimpulan, film ini adalah salah satu film Indonesia dengan tema baru dan wajib untuk ditonton.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s