Demokrat bantah presiden intervensi TVRI siarkan konvensi

Jakarta (Rumah Jurnalis) – Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan membantah ada intervensi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar acara deklarasi para peserta konvensi calon presiden Demokrat disiarkan di stasiun Televisi Republik Indonesia, Minggu malam seperti dilansir Tempo.

“Tidak ada instruksi apapun. Itu keliru,” kata Syarief, di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 17 September 2013.

Sebelumnya, siaran langsung Konvensi Partai Demokrat di TVRI pekan lalu menuai kritik dari sejumlah politikus Senayan. Mereka menilai sebagai lembaga penyiaran milik publik, TVRI tak selayaknya menyiarkan siaran secara langsung acara sebuah partai politik tertentu.

Siaran itu dianggap sebagai keberpihakan TVRI kepada Demokrat, juga sebagai intervensi Demokrat sebagai partai penguasa kepada TVRI.

Namun, hal ini dibantah oleh Syarief. Menurut dia, penayangan acara itu adalah inisiatif TVRI sendiri. Ia menjamin partainya dan komite konvensi tak mengintervensi penayangan acara itu.

“I give my guarantee. Dari awal kami tidak pernah memikirkan TVRI untuk menyiarkan itu,” ujar Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah ini.

Sumber Tempo di TVRI menyebutkan bahwa siaran langsung ini adalah intervensi Istana melalui Direktur Utama TVRI Farhat Syukri. Farhat, menurut sumber itu, bahkan mengambil alih kendali redaksi untuk menyiarkan acara itu. Awak redaksi saat itu sempat mempertanyakan alasan Farhat. Menurut si sumber, Farhat mengatakan siaran langsung itu dilakukan karena ada perintah dari Istana Kepresidenan. “Presiden Susilo Bambang Yudhonono ingin menyaksikan acara konvensi lewat TVRI,” kata si sumber menirukan ucapan Farhat saat memaksa anak buahnya, Senin 16 September 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s