Jalur Busway masih sering dilintasi kendaraan instansi atau pribadi

Mobil dinas instansi masuk jalur Trans Jakarta. Foto diambil dari  http://www.flickr.com/photos/yudhaspiza/5047044485/

Mobil dinas instansi masuk jalur Trans Jakarta. Foto diambil dari http://www.flickr.com/photos/yudhaspiza/5047044485/

Jakarta (Rumah Jurnalis) – Kamis (12/9), Jalur transjakarta masih sering dilintasi oleh pengguna kendaraan pribadi maupun instansi pemerintah.

Seperti dikutip dari akun Twitter milik @trotoarian, dia mengatakan bahwa masuknya mobil pejabat ke jalur busway menandakan lemahnya proses hukum. Disaat yang sama Albertus Waroy (@waroy) juga menginformasikan bahwa mobil pejabat RI 72 pun ikut masuk jalur terlarang bagi kendaraan pribadi ini.

Masuknya jalur busway tidak hanya dilakukan oleh pengendara mobil pribadi. Kendaraan roda dua pun ikut serta masuk jalur transjakarta seperti yang diinformasikan oleh @nuh_raden. Foto tersebut menunjukkan bagaimana pengendara motor justru lebih banyak berada di jalur busway.

Selain kendaraan pribadi, angkutan umum non busway pun sering dijumpai sedang menggunakan jalur Trans Jakarta. Contoh yang belum lama terjadi adalah Metromini menabrak tiga siswa SMP di Rawamangun, Jakarta Timur.

Kendaraan pribadi yang masuk ke jalur busway dianggap menggangu kenyamanan para pengguna Trans Jakarta. Hal tersebut di keluhkan oleh @silvafauziah melalui akun twitter pribadinya.

“Kl di koridor Sudirman-Thamrin jalur buswaynya relatif clean dr mobil/motor/bus kota. Tp kl Gatsu-MT Haryono semua2 masuk jalur busway😦. Jd kl naik busway di Gatsu-MT Haryono sama aja kena macet karena byk yg “gak berhak” masuk jalur busway juga :/”. Dikutip dari akun twitter Silva.

Disisi lain pihak @TMCPoldaMetro sering memberikan himbauan via sosial media. Penjagaan di jalur busway pun sudah sering dilakukan. Tapi selalu saja ada cara yang dilakukan pengguna kendaraan pribadi untuk masuk jalur ini. Salah satunya kasus seorang mahasiswa yang mengaku anak jendral.

Meskipun Wakil Gubernur sudah mengatakan haram untuk masuk jalur transjakarta, apalagi mobil dinas. Pengguna busway masih mengharapkan ada hukuman yang lebih memberikan efek jera. Salah satunya Victor Kamang dalam akun twitternya ‏@victorkamang.

“Harusnya hukuman buat kendaraan yang masuk jalur busway itu disuruh ngangkut penumpang di trayek yang diterobos.”kata Victor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s