Suka Duka Pelukis Kaligrafi Pasar Baru

Kalau Anda pernah berkunjung ke Pasar Baru, Jakarta Pusat, Anda akan menemukan banyak gubuk-gubuk pelukis di depan Gedung Kesenian Jakarta. Ada banyak pelukis di sana dengan beragam karya. Selain melukis, rata-rata mereka juga cekatan dalam membuat tulisan kaligrafi.

Salah satu di antara banyak pelukis tersebut adalah Herman. Pria kelahiran 1968 ini mengaku pada era digital ini dia banyak membuat tulisan kaligrafi. Dia beralasan dengan membuat tulisan kaligrafi akan lebih cepat mendatangkan uang daripada melukis.

Bapak dua anak yang serius menggeluti bidang melukis dan kaligrafi sejak 1991/1992 ini mengisahkan pertama menggeluti profesinya karena ajakan dari kawan. Dia tidak pernah mengambil kursus khusus, hanya belajar secara autodidak.

Sempat kuliah di Institute Kesenian Jakarta (IKJ) dan akhirnya memutuskan keluar membuat langkahnya semakin terjal sebagai pelukis. Dia sempat bekerja pada beberapa perusahaan tapi memutuskan keluar dan kembali melanjutnya melukis yang memang telah menjadi hobinya sejak kecil.

Herman juga mengungkapkan suka dukanya sebagai pelukis. Dia bercerita kadang dalam sehari bisa mendapat penghasilan sampai 1,500,00 juta rupiah dengan melukis kaligrafi untuk ijazah SD, SMP, SMA, dan Universitas, kadang juga tidak mendapatkan penghasilan sama sekali. Karya-karya tulisan kaligrafinya pun pernah dijiplak orang lain belum lagi komplain dari pelanggan yang tidak puas dengan karya-karyanya.

Dalam berkarya, pelukis yang pernah tersangkut masalah pembuatan ijazah palsu ini hanya mengidolakan seorang tokoh, yaitu Basuki, maestro pelukis Indonesia yang pernah menjadi Pelukis Resmi Istana Merdeka Jakarta, sebagai tokoh favoritnya.      

 

Dwi Ari Ristianto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s